Sebagai orangtua yang sibuk dengan pekerjaan biasanya kita cenderung mencari cara yang mudah untuk mendiamkan anak yang rewel. Salah satu cara mudah yang saat ini sering kita lihat adalah memberikan anak permainan melalui gadget entah itu handphone atau tablet.

Keuntungan menggunakan perangkat tersebut antara lain permainannya yang interaktif dan variasi yang banyak. Tentu saja hal tersebut bisa memudahkan anak terhindar dari rasa bosan. Jenuh dengan satu permainan, bisa dengan mudah dialihkan dengan permainan yang lain.

Meski memiliki banyak keuntungan, bermain dengan perangkat seperti HP/tablet juga memiliki risiko yang kita semua sudah ketahui. Salah satu risiko yang paling kita takuti adalah rusaknya fokus mata anak. Tentu kita kasihan bila melihat anak sudah berkaca mata di usia yang masih sangat muda. 

Untuk menghindari anak dari ketergantungan terhadap permainan di HP/tablet, orang tua harus sabar dan kreatif mengajak anak bermain. Buat mereka senang dan tidak bosan. Bantu mereka melambungkan imajinasinya. Dengan demikian, selain dapat menghindarkan anak dari dampak negatif permainan juga dapat mempererat ikatan orangtua-anak.

Advertisements